5 Jenis Ikan Termahal di Dunia

Kaya akan nutrisi, ikan memiliki banyak yang berbeda. Bahkan beberapa jenis ikan memiliki harga yang sangat mahal, dan mengalahkan harga daging.

Kaya akan kandungan omega-3, ikan masuk ke dalam salah satu jenis makanan mewah di dunia. Keberadaan ikan kelas atas ini, biasanya disajikan di banyak restoran mewah, hingga di rumah. Berikut 5 jenis ikan yang paling mahal versi Money Nation (02/03).

1. Bluefin Tuna

5 Jenis Ikan Ini Masuk dalam Daftar Ikan Termahal di Dunia.

Ikan jenis bluefin tuna masuk ke dalam salah satu makanan yang menimbulkan pro dan kontra. Makanan ini biasanya disajikan sebagai sushi, dan digemari oleh banyak orang Jepang. Ikan ini dinilai kontroversial, karena masuk ke dalam salah satu jenis ikan yang terancam punah sehingga harganya terus melonjak tinggi.

Meski populer di Jepang tapi ikan ini asalnya dari Samudra Atlantik. Kisaran harganya sekitar $24 (Rp 338.400) per 200 gramnya.


2. Fugu


5 Jenis Ikan Ini Masuk dalam Daftar Ikan Termahal di Dunia.

Ikan fugu merupakan salah satu jenis ikan dengan harga tinggi, bahkan masuk ke dalam daftar jenis daging yang paling mahal di dunia. Ikan fugu ini terkenal berbahaya karena dapat mengeluarkan racun, yang berakibat fatal hingga kematian bagi orang yang memakannya.

Tapi fugu dinilai sebagai salah satu hidangan eksotik, yang biasanya disulap menjadi sashimi. Tidak semua orang bisa mengolah ikan yang satu ini, karena dibutuhkan keahlian khusus agar daging ikan aman untuk dikonsumsi. Kisaran harganya sekitar $135 per 500 gram, atau setara dengan harga Rp 1.890.000.


3. Todak

5 Jenis Ikan Ini Masuk dalam Daftar Ikan Termahal di Dunia.

Todak atau swordfish merupakan ikan laut yang memiliki meoncong panjang yang kuat. Tekstur daging ikan ini lebih tebal, sehingga sering dijadikan sebagai hidangan BBQ atau steak ikan. Bobotnya yang besar, membuat todak termasuk jenis ikan yang sulit ditangkap.

Tapi permintaan akan ikan ini terus tinggi, sehingga todak masuk ke dalam ikan mahal di dunia. Untuk kisaran harganya dimulai dari $61.99 per 24 ons, atau setara dengan harga Rp 874.059.


4. Ahi


5 Jenis Ikan Ini Masuk dalam Daftar Ikan Termahal di Dunia.

Ahi atau yellowfin tuna sering menjadi pengganti bluefin tuna, yang populasinya semakin menipis dan langka. Meski begitu tuna jenis yellowfin ini masih banyak tersedia, dan gampang ditemukan di pasaran. Rasa dagingnya enak, dan cocok diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Tapi harganya cukup mahal dibandingkan dengan ikan lain di pasaran. Untuk mendapatkan ikan ahi tuna yang masih segar, Anda harus siap merogoh kocek sebanyak $162 (Rp 2.284.200) per kilonya.


5. Wild King Salmon

5 Jenis Ikan Ini Masuk dalam Daftar Ikan Termahal di Dunia.

Dikenal juga dengan sebutan chinook salmon. Jenis ikan salmon liar ini sangat sulit untuk ditangkap setiap tahunnya. Apalagi jenis chinook mengandung banyak lemak, dan rasanya dianggap paling enak dibandingkan daging ikan salmon liar lainnya.

Ukurannya yang besar, membuat banyak orang memburu ikan ini untuk disulap menjadi berbagai hidangan. Kisaran hargannya terbilang tinggi, untuk 500 gram ikan chinook Anda harus siap mengeluarkan uang sekitar $29.95 (Rp 422.295).

Dihimpun dari : m.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages